Tips Menggelar Resepsi Pernikahan yang Aman di Masa Pandemi

medikastar.com

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak kegiatan kita yang menjadi terbatasi. Pembatasan yang ada tentunya bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Salah satu kegiatan yang mendapat pembatasan demi kebaikan bersama adalah acara resepsi pernikahan.

Untuk itu, pasangan dan keluarga perlu memperhatikan dengan baik persiapan dan penyelenggaraannya agar dapat berlangsung secara aman. Dengan begitu, momen bahagia tersebut tidak menjadi bumerang yang mendatangkan ‘kesialan’ bagi keluarga dan sesama. Berikut ini adalah beberapa tips menggelar resepsi pernikahan yang aman di masa pandemi Covid-19.

Batasi Jumlah Undangan

Seperti yang diketahui, jumlah undangan yang banyak akan menambah risiko terjadinya penularan Covid-19 kepada banyak orang secara cepat. Alasannya karena kumpulan banyak orang dalam suatu tempat akan membuat protokol kesehatan seperti menjaga jarak akan sulit dilakukan. Karena itu, menetapkan jumlah tamu yang akan hadir sangat penting dalam pelaksanaan resepsi pernikahan.

Sebaiknya jumlah undangan yang hadir saat acara resepsi dibatasi hanya 50% dari kapasitas ruangan acara. Selain itu, saat pemberkatan atau akad nikah, batasilah sebanyak 20% hingga 30% kapasitas ruangan. Jika pasangan memiliki banyak kenalan yang mungkin saja hendak diundang, maka alternatif yang bisa dipakai adalah membuat siaran pernikahan secara virtual atau online.

Pemilihan dan Pengaturan Tempat

Memilih tempat yang tepat juga sangat penting dalam pelaksanaan resepsi pernikahan yang aman. Pilihlah bangunan dengan ventilasi udara yang baik agar risiko terjadinya transmisi virus Corona dapat diturunkan.

Selain itu, alternatif tempat lain yang bisa dipakai untuk menggelar resepsi pernikahan adalah outdoor atau di luar ruangan. Acara yang digelar secara outdoor akan membuat aliran udara menjadi lebih baik dan para undangan bisa menerapkan jaga jarak dengan lebih mudah.

Di sisi lain, penataan tempat resepsi pun perlu diperhatikan. Aturlah tempat duduk dan jalur antrian makanan yang membuat orang-orang bisa berada dalam posisi jaga jarak. Sediakanlah juga alat-alat pendukung lain seperti pengukur suhu, serta tempat mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk digunakan oleh para tamu.

Lakukan Pembatasan Waktu

Momen resepsi pernikahan memang tidak terjadi berulang kali. Karena itu, sering kali momen perayaan ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi, alangkah lebih bijaknya bagi keluarga dan pasangan untuk membatasi waktu perayaan. Hal ini pun berlaku untuk bagian-bagian acara yang membuat orang-orang bisa melakukan kontak erat seperti berdansa, dan lain sebagainya.

Pembatasan waktu berguna untuk membuat waktu banyak orang yang berkumpul di suatu tempat menjadi lebih singkat. Lebih lanjut, kesempatan untuk berkontak erat pun berkurang. Dengan begitu, risiko penularan pun akan menurun.

Ingatkan Hadirin untuk Taat pada Protokol Kesehatan

Saat sedang berkumpul dengan para kenalan, sering kali kita akan melupakan protokol kesehatan. Karena itu, penyelenggara acara atau pembawa acara bisa terus mengingatkan semua orang untuk terus patuh dalam melaksanakan anjuran yang diberikan.

Contohnya seperti mengingatkan semua orang untuk mencuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak sejauh lebih dari 1 meter. Ingatkan juga orang-orang untuk menghindari kontak fisik seperti bersalaman, berpelukan, hingga bericuman. Salam sapa yang ada bisa diganti dengan cara-cara yang lain.

Pernikahan adalah momen bahagia bagi pasangan yang menjalin kasih, keluarga, serta semua kenalan. Karena itu, jagalah kebahagiaan tersebut dengan menjalankan semua protokol kesehatan, beserta tips-tips aman yang tersedia. Dengan begitu, momen bahagia yang ada tidak dapat dirusak oleh pandemi Covid-19 yang sedang terjadi.