Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Masa PPKM

MedikaStar.com

Diberlakukannya pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di sejumlah wilayah di NTT selama 6-21 Juli 2021 mengharuskan masyarakat untuk membatasi kegiatannya di luar rumah. Hal ini bisa saja membuat masyarakat rawan terkena stres.

Stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) terhadap perubahan dari lingkungan yang mengharuskan orang tersebut harus menyesuaikan diri. Stres sendiri adalah tanda bahwa kesehatan mental seseorang sedang terganggu.

Saat ini, fokus dan prioritas utama seluruh dunia adalah memulihkan kembali kesehatan masyarakat dari ancaman Covid-19. Oleh sebab itu masyarakat diminta untuk membatasi mobilitas dan tetap berada di rumah. Namun, bagi beberapa orang, berada di rumah saja adalah bencana karena mereka tidak betah berada di rumah sehingga hal tersebut menghambat mereka untuk tetap produktif dan dapat menghasilkan sesuatu.

Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa menjaga kesehatan mental selama pandemi ini?

Centers for Disease Control  (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) Amerika Serikat mengatakan bahwa ada beberapa tips untuk membantu masyarakat dalam mengelola kesehatan mentalnya selama pandemi ini. Simak ya bacaan di bawah ini!

Kurangi mengonsumsi informasi tentang pandemi

Sekarang ini, masyarakat selalu diberi informasi tentang pandemi mulai dari berita di televisi, media sosial bahkan dari grup WhatsApp. Hal tersebut tentu menimbulkan ketakutakan pada diri sendiri yang kemudian akan mengakibat stres dimana hal tersebut tidak baik untuk kesehatan mental masyarakat. Alangkah baik jika masyarakat mengurangi intensitas berita yang dikonsumsi sehari-hari.

Menjaga kesehatan jasmani

Kesehatan jasmani dan mental adalah dua hal yang saling berkaitan. Jika jasmani sehat maka mental pun akan mengikuti dengan sendirinya. Pada masa pandemi seperti sekarang ini, tubuh berusaha keras untuk dapat melawan virus yang penularannya sangat cepat ini. Maka dari itu, cobalah untuk mulai mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup dan juga berolahraga.

Bersosialisasi atau bersilahturahmi dengan orang lain

Karena diharapkan untuk menjaga jarak, bukan berarti harus berhenti bersosialisasi ya! Malah sebaliknya, saling mendukung satu sama lain justru menjadi kunci utama di masa pandemi ini. Kegiatan bersosialisasi pun dapat dilakukan secara online baik melalui video call WhatsApp, google meeting, ataupun zoom.

Bersantai

Kegiatan online school atau bahkan work from home bisa jadi terasa sangat membosankan saat ini. Jika kepenatan sudah melanda, alangkah baiknya menyempatkan diri untuk bersantai sejenak ya. Bisa dengan melakukan hobi atau bahkan mencoba hal-hal baru di rumah.

Itu dia empat tips yang bisa dicoba dan terapkan untuk menjaga kesehatan mental selama PPKM Darurat sekarang ini. Jika hal tersebut dianggap tidak mempan maka jangan segan ataupun ragu untuk segera konsultasi dengan profesional seperti psikolog dan psikiater ya. (*/ctr)

Baca juga: Cara Menggunakan Masker Ganda yang Benar di Tengah Amukan Covid-19 Jilid Dua