Tips Tetap Sehat dalam Segala Aspek Saat Aktivitas di Rumah

MedikaStar.com – Pemerintah sedang menerapkan kebijakan social distancing. Kebijakan yang bertujuan mencegah penyebaran virus Corona ini mengharuskan orang-orang untuk bekerja atau belajar dari rumah. Aktivitas yang hanya dilakukan dari rumah terkadang bisa jadi sangat membosankan. Selain itu, muncul juga keluhan dari para pelaku usaha yang mungkin saja akan kebingungan dalam hal penghasilan.

Akhirnya, kebijakan yang harusnya memperkuat daya tahan tubuh ini berbalik menjadi penyakit. Untuk tetap sehat dalam segala aspek di rumah, mari ikuti beberapa tips berikut.

Kesehatan Fisik

Dalam menjaga kesehatan fisik, terdapat beberapa aktivitas yang perlu dilakukan. Aktivitas yang pertama adalah mengonsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi sangat berguna untuk membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Makanan bergizi adalah menu makanan yang bergizi seimbang atau terdapat karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Saat sedang berada di rumah, yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Gizi Simbang berarti tidak berlebihan dan harus mengandung banyak vitamin yang terdapat dalam sayur dan buah.” Kata dr. Eky Gonang, seorang dokter dan pemimpin media kesehatan Indonesia Medika Star.

Pola makan yang baik perlu diikuti dengan aktivitas fisik atau olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Selain itu, istirahat yang cukup juga sangat perlu dilakukan.

Mengonsumsi makanan yang berigizi juga harus diimbangi dengan akitivitas fisik. Hindari juga begadang dan sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat. Hal tersebutlah yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.” jelas dr. Eky

Dalam mencegah infeksi Covid-19, dr. Eky juga menambahkan tentang pentingnya melakukan cuci tangan dengan langkah yang baik dan benar. Selanjutnya, masyarakat yang sedang batuk atau bersin dihimbau untuk menutup hidung dan mulutnya atau menggunakan masker.

Kesehatan Mental

Kesehatan mental terkadang bisa saja terganggu jika seseorang terlalu lama diam di rumah saja. Terlebih bagi mereka yang terbiasa beraktivitas di luar rumah dalam waktu yang lama setiap hari. Akhirnya, stres akan timbul dan daya tahan tubuh menjadi lemah. Untuk itu, ciptakanlah kondisi yang menyenangkan agar aktivitas di rumah bisa berjalan dengan baik.

Runtuhnya kesehatan mental perlu diwaspadai, terlebih bagi mereka yang senang jalan-jalan. Stres perlu dimanajemen agar tidak menurunkan sistem imun tubuh. Agar tidak stres selama berada di rumah, lakukan segala sesuatu yang menjadi hobi kita. Contohnya seperti baca buku, menulis, dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan kegemaran masing-masing.” Kata dr. Eky

Kesehatan Sosial

Pembatasan terhadap aktivitas sosial yang tengah diterapkan membuat hubungan antar masyarakat mungkin saja menjadi kurang erat. Hal ini dapat dikondisikan dengan bersosialisasi melalui media sosial atau ponsel. Selanjutnya, jika dalam hubungan bertetangga ada sesuatu yang cukup mendesak untuk dikomunikasikan secara langsung, proses komunikasi yang dilakukan perlu menjaga jarak aman.

Yang namanya work from home berarti beraktivitas dari rumah. Begitupun yang diliburkan. Jangan gunakan kesempatan ini untuk jalan-jalan. Untuk bersosialisasi, sementara ini jangan dulu berkumpul dalam kelompok yang besar seperti acara keluarga, arisan, dan lain-lain. Kalaupun ada hal yang mendesak, komunikasi secara langsung bisa dilakukan dengan menjaga jarak aman sejauh dua meter.” Kata dr. Eky.

Kesehatan Ekonomi

Banyak orang yang mungkin saja menjadi panik dan takut ketika diberitahukan untuk beraktivitas dari rumah. Terlebih bagi para pelaku usaha. Tentunya akan muncul pertanyaan dari mana pemasukkan akan datang jika semua orang diliburkan. Untuk tetap sehat secara ekonomi, para wirausahawan bisa memanfaatkan teknologi yang ada.

Bagi para pengusaha seperti di pasar, kios, toko dan lain-lain, bisnis mereka masih bisa tetap dijalankan dengan sistem remote dari rumah. Penerapannya adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti whatsapp, facebook, Instagram, dan media lainnya.” Jelas dr. Eky.

Ia juga mengatakan bahwa jika para pengusaha mau, mereka bisa bekerja sama dengan D-King. D-King merupakan perusahaan yang beralamat di Kompleks Rukoku, Jalan Frans Seda, Kota Kupang. Perusahaan ini bekerja di bidang digital marketing.

Hampir semua jenis usaha bisa bekerja sama dan dipromosikan melalui media sosial oleh D-King.” Ucap dokter yang juga seorang praktisi digital marketing tersebut.

Bagi yang ingin menjalankan usaha melalui media sosial video dan promosi melalui media bisa dibuatkan. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada fanpage Facebook D-King DigitalizedKing.

Kesehatan Rohani

Selain aspek kesehatan yang lain, terdapat pro dan kontra di masyarakat mengenai cara ibadah yang sedikit diubah untuk sementara waktu. Masyarakat diminta untuk beribadah dari rumah masing-masing, bukan bersama-sama di gedung ibadahnya.

Oleh karena itu, masyarakat perlu tetap menjalankan ibadahnya di rumah dan menggunakan waktu yang ada untuk berdoa. Waktu di rumah dapat digunakan untuk mempererat hubungan dengan Tuhan secara pribadi.

Menurut saya, hubungan dengan Tuhan bisa dilakukan dari mana saja. Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini. Ada perayaan-perayaan besar yang terpaksa ditiadakan untuk mencegah penyebaran virus. Untuk itu, kita semua bisa berdoa dari rumah masing-masing dan berharap pada Tuhan agar wabah ini segera berakhir.” Kata dr. Eky.

Dokter yang juga pernah dididik di bangku seminari ini juga menambahkan bahwa Tuhan tidak pernah memberikan cobaan yang melampaui kekuatan manusia. Oleh karena itu, kita harus terus berharap dan berdoa pada-Nya, serta terus berjaga-jaga dengan menggunakan hikmat yang Tuhan berikan.

Aktivitas yang hanya dijalankan di rumah terkadang bisa membuat masyarakat menjadi bosan. Hal tersebut mungkin saja dapat memicu stres dan mendatangkan penyakit. Akan tetapi, dengan menciptakan kondisi yang menyenangkan dan sehat, aktivitas di rumah masih bisa berjalan dengan positif. (har)

Baca juga: Tangani Covid-19, Pemprov NTT Carter TransNusa untuk Mobilisasi 4 Dokter Spesialis Paru Antar Pulau