Vaksin Moderna, Harapan Baru dalam Penanganan Amukan Covid-19 Gelombang ke-2

MedikaStar.com

Pada hari Minggu, 11 Juli yang lalu, Indonesia baru saja menerima sekitar 4 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat. Ini merupakan kedatangan ke-20 dari vaksin covid-19 di RI. Vaksin Moderna didonasikan oleh Pemerintah Amerika Serikat yang diberikan melalui COVAX.

Dilansir dari detikhealth.com, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa vaksin Moderna yang sudah tiba di Indonesia akan diberikan pada para tenaga kesehatan sebagai booster atau dosis ke-3. Vaksin Moderna diketahui memiliki tingkat efikasi yang tinggi, oleh karena itu akan diberikan kepada para nakes mengingat merekalah frontliner dalam penanganan pasien terinfeksi covid-19 yang paling berisiko tertular.

Apa itu Vaksin Moderna?

Vaksin Moderna merupakan jenis vaksin mRNA (messenger RNA) untuk mencegah infeksi virus Covid-19 yang dikembangkan sejak bulan Januari 2020 silam oleh Moderna and Vaccine Research Center at the National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) di Amerika Serikat. 

Faktanya, Moderna tidak menggunakan virus yang dilemahkan ataupun dimatikan, tetapi menggunakan komponen materi genertik yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi spike protein. Spike protein tersebut akan memicu sistem imun untuk bisa menghasilkan antibodi yang dapat melindungi tubuh ketika terinfeksi virus corona.

Seberapa Efektif Vaksin Moderna?

Dilansir melalui republika.co.id, Moderna mengatakan bahwa vaksin untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru yang dikembangkan serta dinilai cukup efektif untuk melawan varian Delta.

Vaksin Moderna memiliki efikasi 94 persen lebih untuk menangkal dan melawan virus corona dengan kata lain jauh diatas  Sinovac yang berkisar di angka 60-an persen. Vaksin Moderna telah mendapat izin untuk  penggunaan darurat agar dapat mencegah infeksi covid-19 pada orang dewasa diatas 18 tahun.

Dengan hadirnya Vaksin Moderna  di Indonesia tentu saja menjadi harapan baru bagi negara kita Indonesia untuk mendukung percepatan vaksinasi yang sedang berlangsung di tengah gelombangan kedua penularan covid-19 ini. Maka dari itu, Vaksin Moderna yang saat ini diutamakan untuk para nakes, diharapkan agar nantinya vaksin jenis ini bisa didapatkan juga oleh masyarakat terutama bagi mereka yang kondisinya sangat membutuhkan.

Mari lindungi bangsa dan orang sekitarmu dengan segera dapatkan vaksinasi covid-19 ya!

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Masa PPKM