Yellow Clinick Kota Kupang Dilaunching, Mulai Beroperasi Bulan Desember

Kota Kupang, Medikastar.com

Bertepatan dengan ulang tahun ke-57 partai Golkar, Rabu (20/10/2021) sebanyak 13 yellow clinic di seluruh Indonesia dilaunching. Salah satu dari 13 klinik milik partai Golkar itu berada di Kota Kupang, yang berlokasi di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima.

Ketua DPD II Golkar Kota Kupang, Jonas Salean dalam sambutannya pada acara tersebut menjelaskan, kehadiran yellow clinic di Kota Kupang untuk membantu warga Kota Kupang terkait kesehatan. Klinik yang ada merupakan aset yang perlu dirawat dan dimanfaatkan bersama.

“Karena itu, saya mohon Bapa Ibu rawat dan pelihara fasilitas yang ada secara baik karena ini milik kita. Ini fasilitas umum untuk pelayanan dasar kita, teruatama kesehatan,” ujar mantan Wali Kota Kupang itu.

Ia menjelaskan, DPD I Golkar NTT dibawah pimpinan Melki Lala Lena, seorang politisi muda yang mumpuni, memerintahkan kepada anggota fraksi Golkar di DPRD Kota Kupang, Zeyto Ratuarat untuk membangun yellow clinic di Kota Kupang. Tentunya kehadiran klinik itu semata-mata untuk melayani masyarakat.

Selain untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat, kehadiran yellow clinic juga membuka lapangan kerja baru. Para lulusan keperawatan, kebidanan yang belum memiliki pekerjaan diakomodir untuk bisa menyalurkan ilmu yang didapat dan mengabdikan diri melayani masyarakat.

“Nakes yang kerja disini ada 14. Anak-anak kita yang bekerja disini, mereka digaji sehingga mereka juga punya mata pencaharian tetap,” ujar Jonas.

Ia menyebutkan, yellow clinic dibangun dengan anggaran miliaran rupiah. Karena itu, dirinya sangat mengharapkan kerja sama yang baik antara warga, partai Golkar dan pemerintah setempat dalam menjaga dan merawat fasilitas kesehatan itu.

“Supaya warga Bimoku ini, lebih dekat pelayanan kesehatannya,” jelas anggota DPRD Provinsi NTT itu.

Selaku Koordinator yellow clinic Kota Kupang, Zeyto Ratuarat menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam menghadirkan yellow clinic di Kota Kupang. Zeyto juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang yang turut berperan aktif dengan memberikan izin mendirikan bangunan (IMB).

“Murni semua ini kami lakukan untuk kepentingan masyarakat. Pendekatan Parati politik lewat pelayanan kesehatan ditingkat paling bawah yaitu masyarakat,” kata Zeyto.

Ia membeberkan, untuk saat ini yellow clinic Kota Kupang berupaya memenuhi semua peralatan kesehatan sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan. Setalah semua ketentuan itu dipenuhi, klinik kebanggaan partai berlambang beringin itu akan beroperasi.

“Rencananya 1 Desember (beroperasi) setelah semua alat kesehatan, semua perangkat kesehatan kami penuhi. Alat kesehatan sudah kami pesan dan minggu ini sudah tiba,” jelasnya.

Launching hari ini sebagai bentuk tanggungjawab terhadap amanat partai sesuai musyawarah nasional. Salah satu amanat itu adalah untuk melayani masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

Terkait dengan vaksinasi yang dilakukan bertepatan dengan ulang tahun ke 57 itu, Zeyto menjelaskan, sebanyak 250 warga ditargetkan menerima vaksinasi. Namun kenyataan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Warga yang tercatat mendapatkan pelayanan vaksinasi sebanyak 100 orang. Sisanya 150 orang tidak menerima vaksinasi lantaran tenaga kesehatan dari Puskesmas Oesapa yang bertugas diperintahkan untuk kemabli.

“Saya tidak menyebut itu dari Kadis atau tidak tapi meneurt mereka itu diperintahkan,” jelas Zeyto.

Selain vaksinasi, pemeriksaan kesehatan gratis juga diberikan bagi warga yang hadir. Pada kesempatan itu juga, sejumlah warga menerima bantuan berupa tambahan makanan bagi Ibu hamil dan balita.