sehat.jpeg

Mengenal Arti Kata “Sehat” Menurut WHO dan Kemenkes RI

Medikastar.com – Kebanyakan orang berpikir bahwa sehat adalah kondisi bebas dari penyakit. Namun, nyatanya sehat lebih luas dari sekedar terbebas dari penyakit. 

Lantas apa sebenarnya arti dari “sehat” itu sendiri?

Definisi sehat menurut WHO adalah keadaan sempurna secara fisik, mental dan sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit dan kecacatan saja. Sehat adalah hak paling mendasar dari setiap manusia, tanpa membeda-bedakan ras, agama, politik, dan kondisi sosial ekonominya. 

Sehat diperlukan agar seseorang bisa meraih kedamaian, keamanan, dan bebas untuk bisa melakukan apapun di dalam hidupnya. Dan upaya untuk meraih kata sehat itu sendiri dapat dilakukan dengan promosi kesehatan dan pencegahan penyakit, terutama penyakit-penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat. 

Sedangkan, menurut Kemenkes RI, sehat adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Dan bugar adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh energi dan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut masih memiliki semangat dan tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang dan siap untuk melakukan kegiatan lain yang mendadak atau tidak terduga.

Seseorang dikatakan sehat, jika:

  • Sehat fisik: memiliki badan yang sehat dan bugar
  • Sehat sosial: mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain
  • Sehat jiwa: merasa senang dan bahagia, mampu menyesuaikan dirri dengan kehidupan sehari-hari, dapat menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan teman, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Yuk jaga tubuh mu agar tetap sehat bersama Klinik King Care. King Care akan selalu ada untuk and. Dengan tenaga kesehatan; dokter, perawat, bidan, fisioterapis, yang profesional, Klinik King Care siap memberikan pelayanan terbaik untuk Anda selama 24 jam, langsung di rumah. (*)

Baca juga: Izin Klinik Terbit, King Care Jakarta Mulai Beroperasi